Kabar Pendampingan Desa kala Romadlon, oleh PLD Baru Singosari

 

Toa bersahut-sahutan.

Terdengar lantunan ayat-ayat kebesaranNya
Tadarus Al Qur’an
Usai Tarawih Berjamaah

Rintik hujan tak memadam
Semangat Berdesa
Balai Desa Ardimulyo Singosari
Rapat dengan Rapat
.

Sekira demikian. Gambaran suasana pada Rabu malam (20/4/2022) di Balai Desa Ardimulyo, Kecamatan Singosari. Dingin malam dan beberapa curhatan hujan pada tanah, beberapa hari terakhir, tak menyurutkan semangat Berdesa.

Pemerintahan Desa Ardimulyo hadir. Kepala beserta perangkat; Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD); dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Membahas beberapa hal penting dan genting. Pasca ditetapkan dan disosialisasikannya Perbup nomor 29 Tahun 2021, Peraturan Desa yang telah disepakati, ditandangani, dan akan dilaksanakan di tahun 2022, harus dirubah. Sebuah pra acara sebelum nantinya akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Khusus (Musrenbangdessus).

Disampaikan lah pemaparan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) oleh Mbak Yuni. Dengan memerinci segala bentuk program hingga pagu Alokasi Dana Desa (ADD), sebelum adanya perubahan dan pagu ADD setelah perubahan,

Berdasarkan perubahan pagu ADD tersebut, disebutkan beberapa perubahan dan penambahan yang akan dilakukan. Seperti perubahan pada alokasi dana tunjangan kerja pada BPD dan para ketua RT. Yang disesuaikan dengan Perbup nomor 29 Tahun 2021. Sesuai Standar Biaya Umum (SBU), yang besarannya memang sudah di tentukan pada peraturan tersebut.

Tak kalah penting lagi. Dalam pertemuan itu. Setelah pembahasan RKPDesa. Dilanjutkan langsung dengan pembahasan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) oleh pengurus BUMDesa.

Melalui penyampaiannya, alokasi dana BKK oleh Pemerintah Kabupaten, akan digunakan untuk modal pembiayaan perdagangan (toko) yang di kelola oleh BUMDesa. Kedepannya, penyertaan modal itu akan dipertanggungjawabkan, dan disampaikan kepada masyarakat desa secara umum, pada tiap akhir tahun.

Demikian catatan dari Desa dampingan kami, apa catatan Anda? Salam…

 

(Ilham Muhtadi/PLD Kec. Singosari Kab. Malang, rekrutmen baru Desember 2021)